Depag Kota Tangerang

DEPARTEMEN AGAMA KOTA TANGERANG

SIAP MEMAJUKAN PONDOK PESANTREN

Melalui Pendidikan keagamaan dan Pondok Pesantren (Pekapontren)

depag.jpg

Tangerang,SB

Sejalan berkembangnya dunia pendidikan Nasional dan sudah menjadi tuntutan zaman serta keharusan pemerintah untuk memandaikan atau memberikan ilmu pendidikan kepada setiap warga negara Indonesia yang tuang pada UUD 45 pasal 31 ayat 1 dan 2.

Pada saat menemui Kandepag Kota Tangerang sedang ada kunjungan keluar, sehingga Bahtera Yudha Pelaksana Pekapontren menjelaskan kepada Suluh Banten mengenai Pondok Pesantren yang ada di Kota Tangerang yang terdaftar sekitar 74 Ponpes Salafiyah dan 26 Modern. “Artinya Salafiyah itu tidak melaksanankan Wajar Dikdas 9 tahun dan yang modern sebaliknya melaksanakan”.

Berdirinya Pekapontren Mendasarkan Keputusan Menteri Agama No. 373 tahun 2002. TIPOLOGI 1A adanya struktural dari tingkat Pusat yaitu Direktur Pendidkan Diniyah dan Ponpes , Tingkat Propinsi Kepala Bidang Pekapontren dan Kandepag Kasi Pekapontren .

Bahtera Yudha menghimbau serta menginformasikan kepada Ponpes yang belum terdaftar segera daftarkan ke Pekapontren Kota Tangerang dan bergabung ke Forum Silahturahmi Pondok Pesantren(FSPP) yang bersekatariat di Ponpes As Sa’adah Periuk diketuai oleh KH.Bayijuri Khotib.

Kegiatan FSPP dalam waktu dekat ini adalah MQK (Musabaqoh Qiraatul Kutub) dan ada beberapa acara rutin tiap tahun yaitu Porseni Ponpes, Studi Banding dan banyak lagi kegiatan lainnya.

Pekapontrean ini membawahi 2 lembaga, yaitu Ponpes dan Madrasah Diniyah atau keagamaan sejenis pengajian. Ada 100 Ponpes jumlah gurunya 582 dan madrasah diniyah Awaliyah ada 134 jumlah gurunya 512. Semua guru Ponpes dan MDA adalah sukarela.

Adapun Bantuan Operasional Sekolah(BOS) hanya diberikan kepada Ponpes yang melaksanakan Wajar Dikdas 9 tahun. Insentif dari Walikota, guru-guru belum menerima sedang mereka mengajar sudah ada yang 16 tahun. “Padahal insentif itu diberikan setelah mengajar 1 tahun dan sudah di ajukan 3 tahun yang lalu”,ujar Bahtera kepada Wartawan. Adapun bantuan dari Pemkot Tangerang baru 40% untuk lembaga Ponpes dan MD walaupun belum 100% . WAY/RUY

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: